·
PEMBAHASAN
Dalam akuntansi komparatif I di atas
telah membahas akuntansi di enam Negara dengan perekonomian yang tergolong
maju. Seluruhnya memiliki mekanisme untuk pengembangan standar akuntansi dan
auditing yang telah tertata baik dan tuntunan yang komprehensif terhadap
pelaporan keuangan dan aktivitas audit. Negara-negara yang diamati dalam
akuntansi komparatif II umumnya sering disebut sebagai Perekonomian yang
Berkembanng. Negara-negara tersebut adalah Republik Ceko, Republik Rakyat Cina
(Cina), Republik Cina (Taiwan), dan Meksiko.
·
ALASAN UNTUK MEMILIH KEEMPAT NEGARA INI
Cina merupakan Negara yang
berpenduduk terbanyak di dunia. Perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia sangat
berkeinginan untuk meakukan bisnis dengan Cina dan perkembangan akuntansi
merupakan bagian yang penting dari perubahan structural yang terjadi di
perekonomian Cina. Ceko merupakan Negara perwakilan Negara-negara bekas anggota
blok Soviet dan perkembangan akuntansinya merupakan perwakilan dari apa yang
ada di Negara bekas blok Uni Soviet lainnya. Taiwan mengalami pertumbuhan
produk domestic bruto yang cepat daam beberapa tahun terakhir, yang didorong
oleh pertumbuhan ekspor hasil industri. Meksiko mengalami reformasi pasar pada
tahun 1990an, yang mencakup penghapusan hambatan yang bersifat proteksionis
terhadap impir, menerima baik investasi asing dan melakukan privatisasi
perusahaan-perusahaan milik Negara.
· EMPAT
SISTEM AKUNTANSI NASIONAL
1. REPUBLIK
CEKO
Akuntansi di Republik Ceko telah berubah arah selama
beberapa kali pada abad ke-20 yang mencerminkan sejarah politiknya. Hingga
akhir Perang Dunia II, praktek dan prinsip akuntansi mencerminkan praktak dan
prinsip akuntansi yang dianut Negara-negara Eropa yang berbahasa Jerman.
Kemudian, praktik akuntansi didasarkan pada model Soviet dimana daftar akun
seragam, metode akuntansi detail, dan laporan keuangan seragam yang wajib
dibuat oleh seluruh perusahaan. Setelah tahun 1989, Ceko bergerak dengan cepat
menuju perekonomian berorientasi pasar.
Akuntansi di Ceko dipengaruhi oleh
Hukum Komersial, Undang-undang Akuntansi, dan keputusan Kementrian Keuangan.
Bursa efek memiliki pengaruh yang kecil dan meskipun Hukum Komersial berasal
dari Jerman, peraturan pajak tidak berpengaruh secara langsung. Penyajian benar
dan wajar yang diatur dalam Undang-undang Akuntansi dan diambil dari Direktif
UE diinterpretasikan dengan maksud bahwa akun pajak dan akun keuangan
diperlakukan secara beda. Undang-undang auditor disahkan pada tahun 1998. Suatu
audit atas laporan keuangan diwajibkan untuk seluruh perusahaan perseroan dan
perusahaan dengan kewajiban terbatas yang besar.
Laporan keuangan harus bersifat
komparatif, terdiri dari neraca, akun laba dan rugi, catatan. Catatan mencakup
penjelasan atau kebijakan akuntansi dan informasi lainnya yang relevan untuk
menganalisis laporan keuangan, juga berisi laporan arus kas. Namun, perusahaan
kecil yang tidak harus diaudit memiliki ketentuan berupa pengungkapan ringkas.
Perusahaan-perusahaan di Ceko memiliki opsi untuk menggunakan IAS/IFRS atau
standard akuntansi Ceko pada saat menyusun laporan keuangan konsolidasi, namun
perusahaan yang tercatat dalam Pasar Utama Bursa Efek Praha diwajibkan menyusun
laporan keuangan yang diaudit sesuai dengan IAS.IFRS.
Metode akuisisi digunakan untuk
mencatat penggabungan usaha. Goodwill yang timbul dari suatu penggabungan usaha
dihapusbukukan pada tahun pertama konsolidasi atau dikapitalisasi dan
diamortisasi selama tidak lebih dari 15 tahun. Metode ekuitas digunakan untuk
perusahaan asosiasi dan konsolidasi proposional digunakan untuk perusahaan
patungan. Aktiva berwujud dan tidak berwujud dinilai sebesar biaya perolehannya
dan dihapusbukukan selama perkiraan manfaat ekonominya. Persediaan dinilai
sebesar yang lebih rendah antara biaya perolehan atau nilai pasar dan metode
FIFO dan rata-rata tertimbang merupakan asumsi arus biaya yang diperbolehkan.
Aktiva sewa guna usaha umumnya tidak dikapitalisasikan, pajak penghasilan
tangguhan dicatat apabila mungkin terjadi dan dapat diuku rdengan handal.
2. REPUBLIK
RAKYAT CINA (CINA)
Sejarah akuntansi Cina berawal pada
tahun 2200 SM selama masa Dinasti Hsiu, di mana akuntansi digunakan untuk
mengukur kekayaan dan membandingkan pencapaian di kalangan bangsawan. Pada
tahun 1949, Cina menerapkan suatu perekonomian terencana yang sangat terpusat,
yang mencerminkan prinsip-prinsip Marxisme dan pola-pola yang dianut Uni Soviet
sehingga sistem akuntansinya seragam berisi seluruh aturan akuntansi yang
mencakup semua hal yang wajib diikuti oleh perusahaan milik Negara di seluruh
Negara Cina. Pelaporan keuangan cukup sering dilakukan dan lengkap. Pelaporan
keuangan menekankan neraca dan akuntansi menekankan perhitungan secara
kuantitas dan perbandingan biaya dan kuantitas. Meskipun demikian, peranannya
dalam pengambilan keputusan masih berada di bawah wewenang pusat. Perekonomian
Cina saat ini disebut juga perekonomian hybrid, di mana Negara mengendalikan
komoditas dan industri yang strategis, sementara sector komersial dan swasta
diatur oleh sistem berorientasi pasar.
Hukum akuntansi yang diamandemen
pada tahun 2000 menjelaskan prinsip-prinsip umum akuntansi dan mendefinisikan
peranan pemerintah dan masalah-masalah yang memerlukan prosedur akuntansi.
Dewan Negara juga telah mengeluarkan Aturan Pelaporan dan Akuntansi Keuangan
bagi perusahaan (FARR-Financial Accounting and Reporting Rules for
Enterprises). Pada tahun 1992, Kementrian Keuangan mengeluarkan Standar
Akuntansi untuk Perusahaan Bisnis (Accounting Standards for Business
Enterprises-ASBE) yang berupaya mengharmonisasikan praktek domestic dan
mengharmonisasikan praktek di Cina dengan praktek di Internasional. Pada tahun
1998, Kementrian Keuangan mendirikan Komite Standar Akuntansi Cina (China
Accounting Standars Committee-CASC) yang bertanggungjawab mengembangkan
standard akuntansi. Proses penetapan ini mencakup pembagian tugas melakukan
penelitian kepada sejumlah gugus tugas, penerbitan draft ekspor, dan dengar
pendapat umum. Komisi Pengatur Pasar Modal Cino (China Securities Regulatory
Commission-CSRC) mengatur 2 bursa efek di Cina: Shanghai yang dibuka pada tahun
1990 dan Shenzhen yang dibuka pada tahun 1991. Komisi tersebut menetapkan
panduan pengaturan, merumuskan, dan menegakkan pengaturan pasar dan menyetujui
penawaran saham perdana dan saham baru. Institut Akuntan Publik bersertifikat
di Cina (Chinese Institute of Certified Public Accountants-CICPA) yang
didirikan pada tahun 1998 berfungsi mengatur audit perusahaan sector swasta.
Asosiasi Auditor Publik Bersertifikat di Cina (Chinese Association if Certified
Public Auditor-CACPA) bertanggungjawab atas audit perusahaan milik Negara dan
berada di bawah wewenang organisasi yang terpisah, Kantor Audit Negara.
Laporan keuangan terdiri dari
neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, catatan atas laporan keuangan, dan
penjelasan kondisi keuangan. Laporan tambahan diwajibkan untuk mengungkapkan
informasi segmen yang konsisten dengan standard internasional. Catatan mencakup
pernyataan informasi mengenai kebijakan akuntansi. Metode pembelian wajib
digunakan untuk mencatat penggabungan usaha dan goodwill harus dihapusbukukan
selama tidak lebih dari 10 tahun. Metode ekuitas digunakan apabila kepemilikan
terhadap perusahaan lain melebihi 20%. Biaya histories merupakan dasar untuk
menilai aktiva berwujud: revauasi aktiva tidak diperkenankan. Metode depresiasi
dipercepat dan unit produksi juga diperbolehkan. FIFO, rata-rata, dan LIFO
merupakan metode penentuan biaya yang diperbolehkan dan nilai persediaan
diturunkan karena penurunan harga dan keuangan. Aktiva tidak berwujud yang
dibeli dicatat berdasarkan harga perolehannya dan diamortisasi selama periode
manfaat. Aktiva direvaluasi apabila terjadi perubahan kepemilikan seperti saat
sebuah perusahaan Negara diprivatisasikan. Tiga metode akuntansi untuk pajak
yang tangguhan yang diperbolehkan: (1) metode arus langsung (flow-through), di
mana tidak terdapat pajak tangguhan, (2) metode penangguhan, di mana pajak
tangguhan tidak disesuaikan terhadap perubahan tarif pajak yang selanjutnya,
dan (3) metode kewajiban, di mana pajak tangguhan disesuaikan terhadap
perubahan tarif pajak selanjutnya.
3. REPUBLIK
CINA (TAIWAN)
Hukum Akuntansi Komersial yang
diamandemen pada tahun 1987, mengatur catatan akuntansi dan laporan keuangandi
Taiwan. Hukum tersebut beraku nagi perusahaan-perusahaan yang didirikan
berdasarkan Hukum Perusahaan dan Aturan Bisnis, kecuali untuk persekutuan kecil
atau perusahaan perseorangan. Hukum tersebut juga menekankan akuntansi keuangan
berbeda dari akuntansi pajak. Standar akuntansi ditetapkan oleh Komite Akuntansi
Keuangan (Financial Accounting Standard Committee-FASC) dari Lembaga
Pengembangan dan Penelitian Akuntansi (Accounting Research and Development
Foundation-ARDF) yang merupakan lembaga swasta nirlaba tetapi diawasi oleh
Kementrian Keuangan. ARDF saat ini telah menegaskan komitmen Taiwan untuk
konverjensi dengan IAS/IFRS. Seluruh proyek baru dan yang telah ada yang
dilaksanakan oleh FASC akan disesuaikan dengan IAS/IFRS.
Hukum Akuntansi Komersial mewajibkan laporan keuangan berikut: neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas pemilik, laporan arus kas, dan catatan. Catatan harus mengungkapkan informasi berikut:
Hukum Akuntansi Komersial mewajibkan laporan keuangan berikut: neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas pemilik, laporan arus kas, dan catatan. Catatan harus mengungkapkan informasi berikut:
• Ringkasan
kebijakan akuntansi yang signifikan
• Alasan-alasan
perubahan atas kebijakan akuntansi dan pengaruhnya terhadap laporan keuangan
• Hak kreditor
terhadap aktiva tertentu
• Komitmen dan
kewajiban kontijensi yang berjumlah material
• Pembatasan
atas pembagian laba
• Peristiwa
penting yang berkaitan dengan ekuitas pemilik
• Peristiwa
setelah tanggal neraca yang penting
• Pos-pos lain
yang memerlukan penjelasan untuk menghindari kesalahpahaman atau yang
memerlukan klarifikasi untuk membantu dalam menyiapkan laporan keuangan secara
wajar
Laporan keuangan harus komparatif
dan periode fiscal haruslah kalender. Laporan keuangan bank, perusahaan
asuransi, dan perusahaan sekuritas harus diaudit oeh CPA. Perusahaan yang
dijalankan oleh pemerintah diaudit oleh auditor pemerintah.
Metode pembelian diwajibkan untuk penggabungan usaha, metode penyatuan kepemilikan tidak digunakan. Goodwill umumnya dikapitalisasi dan diamortisasi selama paling lama 20 tahun. Metode ekuitas digunakan apabila terdapat kepemilikan di perusahaan lain sebesar 20% atau lebih. Neraca perusahaan asing yang independent dari induk perusahaannya ditranslasikan berdasarkan kurs akhir tahun dan laporan laba rugi ditranslasikan berdasarkan kurs rata-rata. Aktiva tetap dan aktiva tidak berwujud dapat direvaluasi. Persediaan disajikan sebesar nilai yang lebih rendah antara biaya perolehan dan pasar, baik metode FIFO, LIFO, dan rata-rata merupakan asumsi arus biaya yang dapat diterima. Akuntansi untuk sewa guna usaha , kontijensi dan pajak tangguhan konsisten dengan pendekatan AS dan internasional. Jadi, sewa guna usaha pembiayaan dikapitalisasi dan kerugian kontinjensi diakru pada saat mungkin terjadi dan memiliki estimasi yang handal.
Metode pembelian diwajibkan untuk penggabungan usaha, metode penyatuan kepemilikan tidak digunakan. Goodwill umumnya dikapitalisasi dan diamortisasi selama paling lama 20 tahun. Metode ekuitas digunakan apabila terdapat kepemilikan di perusahaan lain sebesar 20% atau lebih. Neraca perusahaan asing yang independent dari induk perusahaannya ditranslasikan berdasarkan kurs akhir tahun dan laporan laba rugi ditranslasikan berdasarkan kurs rata-rata. Aktiva tetap dan aktiva tidak berwujud dapat direvaluasi. Persediaan disajikan sebesar nilai yang lebih rendah antara biaya perolehan dan pasar, baik metode FIFO, LIFO, dan rata-rata merupakan asumsi arus biaya yang dapat diterima. Akuntansi untuk sewa guna usaha , kontijensi dan pajak tangguhan konsisten dengan pendekatan AS dan internasional. Jadi, sewa guna usaha pembiayaan dikapitalisasi dan kerugian kontinjensi diakru pada saat mungkin terjadi dan memiliki estimasi yang handal.
4. MEKSIKO
Secara umum, Meksiko memiliki perekonomian pasar
bebas: perusahaan yang dimiliki atau dikendalikan pemerintah mendominasi
perminyakan dan sarana umum, sedangkan perusahaan swasta mendominasi
manufaktur, konstruksi, pertambangan, hiburan, dan jasa. Reformasi ekonomi
pasar tahun 1990an membantu dalam mengurangi inflasi, meningkatkan tingkat
pertumbuhan ekonomi, dan memberikan fundamental ekonomi yang lebih sehat. Ciri
penting akuntansi Meksiko adalah penggunaan akuntansi tingkat harga umum yang
komprehensif sebagai dasar pengukuran.
Hukum Komersial Meksiko dan hukum
pajak penghasilan berisi ketentuan-ketentuan mengenai pembuatan ringkasan
catatan akuntansi tertentu dan penyusunan laporan keuangan, namun pengaruh
keduanya terhadap pelaporan keuangan secara umum terbilang minimal. Institut
Akuntan Publik Meksiko (Instituto Mexicano de Contadores Pubicos) menerbitkan
standard akuntansi dan auditing di Meksiko. Meskipun sistem hukumnya didasarkan
pada hukum sipil, penerapan standard akuntansi di Meksiko menggunakan
pendekatan Inggris-Amerika atau Anglo Saxon, dan bukan pendekatan Eropa
Kontinental. Prinsip akuntansi Meksiko tidak membedakan antara perusahaan besar
dan kecil., dan diterapkan untuk seluruh bentuk badan usaha.
Tahun fiscal perusahaan Meksiko harus bersamaan dengan tahun kalender. Laporan keuangan konsolidasi komparatif harus disusun terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas pemegang saham, laporan perubahan posisi keuangan, dan catatan. Catatan mencakup:
Tahun fiscal perusahaan Meksiko harus bersamaan dengan tahun kalender. Laporan keuangan konsolidasi komparatif harus disusun terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas pemegang saham, laporan perubahan posisi keuangan, dan catatan. Catatan mencakup:
• Kebijakan
akuntansi perusahaan
• Kontinjensi
dalam jumlah material
• Komitmen
pembelian aktiva dalam jumlah besar atau berdasarkan kontrak sewa guna usaha
• Detail utang
jangka panjang dan kewajiban dalam mata uang asing
• Pembatasan
terhadap dividen
• Jaminan
• Program
pensiunan karyawan
• Transaksi
dengan pihak berhubungan istimewa
• Pajak
penghasilan
Baik metode akuntansi pembelian dan penyatuan
kepemilikan untuk penggabungan usaha dapat digunakan, tergantung pada
keadaannya. Goodwill diamortisasi terhadap laba selama periode ekspektasi
manfaat, yang dibatasi selama 20 tahun. Akuntansi tingkat harga umum digunakan
di Meksiko. Biaya histories aktiva nonmoneter disajikan ulang berdasarkan daya
beli terkait dengan menerapkan factor yang diambil dari Index Harga Konsumen
Nasional (National Consumer Index Price-NICP).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar